Minggu, 23 September 2012

Transkultural Keperawatan


1. A.    Definisi Transcultural Nursing
Transcultural Nursing adalah suatu area/wilayah keilmuwan budaya pada proses belajar dan praktek keperawatan yang berfokus memandang perbedaan dan kesamaan diantara budaya dengan menghargai asuhan, sehat dan sakitdidasarkan pada nilai budaya manusia, kepercayaan dan tindakan, dan digunakan untuk memberikan asuhan keperawatan khususnya budaya atau keutuhan budaya kepada manusia (Leininger, 2002).


1. B.     Asumsi Dasar

Asumsi yang mendasari dari teori ini adalah perilaku Caring.
Caring             adalah esensi dari tindakan keperawatan yang dilakukan dalam memberikan dukungan kepada individu secara utuh. Perilaku Caring diberikan kepada manusia sejak lahir, dalam perkembangan dan pertumbuhan,masa pertahanan  sampai manusia meninggal.Human caring juga berkaitan dengan dukungan dan bimbingan pada manusia yang utuh .

1. Konsep Utama Dari Theory Of Culture Care Diversity And Universality

—  Human Care And Caring
Mengekspresikan bagaimana suatu fenomena untuk membantu, mendukung dan memfasilitasi individu atau orang lain dalam mengantisipasi kebutuhan dalam upaya meningkatkan kesehatan.


—  Culture
Culture merupakan suatu pola hidup, keyakinan, nilai-nilai, norma, symbol, yang dianut/dijalankan oleh individu, kelompok/institusi, dipelajari dan disebarkan dan diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Culture Care
Merupakan bagian dari budaya yang membantu, mendukung, serta digunakan atau dapat memfasilitasi tindakan keperawatan individu secara mandiri serta terhadap orang lain, berfokus pada kenyataan, atau mengantisipasi suatu pemenuhan kebutuhan kesehatan klien atau peningkatan kesejahteraan, memfasilitasi suatu ketergantungan, kematian, atau berbagai kondisi manusia/individu.
Culture Care Diversity
Berbagi budaya dan nilai nilai yang dianut, adanya perbedaan nilai, keyakinan diantara budaya yang ada, dan dalam kehidupan manusia.
Culture Care Universality
Kesamaam antar budaya, kesamaan nilai, kesamaan keyakinan dalam mereflesikan perawatan kesehatan di masyarakat.
Worldview
Baigaimana individu atau kelompok melihat dunia berdasarkan budaya, nilai dan keyakinan yang dianut oleh individu atau kelompok tersebut.
Culture And Social Structure Dimensions
Berdasarkan suatu kedinamisan, keseluruhan (menyeluruh), hubungan antar dimensi dari budaya dan struktur social dimasyarakat,  baik politik, ekonomi, pendidikan, tekhnologi, agama, sejarah dan bahasa.
Environmental Context
Merujuk kepada lingkungan fisik, psikososial, dan sosiokultural, dan hubunganya bagaimanamanusia memandang dan berfikir tentang hubungan lingkungan dengan kondisi kesehatan.
Ethnohistory
Merujuk kepada kejadian kejadian yang lalu, perkembangan dari waktu ke waktu, atau dokumtasi dari suatu budaya yang dianut.
Emic
Merupakan hal local dan bagaimana memandang suatu fenomena.
Etic
Etik lebih dari bagaimana memandang atau keyakinan terhadap  suatu fenomena secara global atau menyeluruh

Health
Merupakan suatu kesejahteraan manusia, kemampuan dalam menjalankan budaya secara terus menerus, menjelaskan nilai nilai, serta mampu mempraktekkan dalam melakukan kehidupan sehari hari.
Transcultural Nursing
Merupakan suatu area yang berfokus  kepada  humanistic, berdasarkan ilmu pengetahuan, dan praktek. Dan secara menyeluruh untuk membantu individu atau kelompok dalam mempertahankan kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan.
Culture Care Preservation Or Maintenance
Bagaimana membantu, memfasilitasi, sebagai suatu tindakan professional bagi individu atau kelompok dalam mengambil suatu keputusan perawatan dan membantu memberikan pengetahuan atau merubah pola pikir individu dan kelompok dalam perawatan kesehatan


Culture Care Accomondation Or Negotiation
Bagaimana tindakan professional dalam memfasilitasi atau membantu individu dalam menjelaskan hubugan budaya yang dianut dalan perawatan kesehatan,
Culture Care Repeatterning Or Restructuring
Membantu dan memfasilitasi individu dan kelompok dalam malakukan modifikasi atau perubahan terhadap sesuatu, dalam upaya perawatan dan peningkatan kesehatan
Culturally Competent Nursing Care
Perawatan kesehatan yang berdasarkakn budaya dan peningkatan pengetahuan, merubah pola pkir tentang kesehatan yang terkait dengan budaya, dalam upaya peningkatan kesehatan individu dan kelompok.

0 komentar:

| Copyright © 2010 | KEPERAWATAN TRANSKULTURAL - Shodiqnote.blogspot.com

Template by Odi Cellular |