Senin, 08 Oktober 2012

Kenapa Baju Operasi Dokter Warnanya Hijau?

Warnanya Hijau?


www.UnikSemua.com – Seorang dokter identik dengan busana serba putih yang melambangkan kebersihan. Tapi ketika masuk ke ruang operasi, dokter berganti busana dengan baju operasi berwarna hijau. Kenapa?
Warna hijau dipilih karena selain nyaman di penglihatan juga ternyata memiliki kontras warna yang tinggi terhadap warna merah dari darah. Hal ini tentunya sangat berguna dalam kegiatan operasi.



baju operasi


Selain itu, ditemukan fakta yang mengungkapkan bahwa warna hijau di baju operasi tersebut dapat membantu menyegarkan pandangan dokter dalam mengamati benda-benda yang warnanya merah seperti darah dan organ-organ tubuh selama masa pembedahan. Karena jika melihat warna merah terus menerus dapat mengakibatkan menurunnya kepekaan terhadap warna merah, maka warna hijau dipilih untuk menetralkan pandangan dokter.
Melihat warna merah terus menerus bisa menyebabkan ilusi nofa hijau pada latar-latar berwarna putih. Hal ini bisa mengganggu penglihatan dokter. Dengan menggunakan baju operasi berwarna hijau, ilusi ini diharapkan akan memudar dan tidak lagi menganggu penglihatan dokter saat melakukan operasi pembedahan.

0 komentar:

| Copyright © 2010 | KEPERAWATAN TRANSKULTURAL - Shodiqnote.blogspot.com

Template by Odi Cellular |